Jumat, 10 Oktober 2008

Movie of The Year 2008 "Laskar Pelangi"

Akhirnya film yang ditunggu-tunggu penggemar novel Laskar Pelangi yang hampir satu tahun ini telah bisa dinikmati di Bioskop tanah air.Film yang digarap oleh Mira Lesmana dan Riri Reza memakai anak2 asli belitong yang tidak pernah main film sebelumnya untuk memerankan tokoh-tokoh yang ada di Cerita Laskar Pelangi. Tapi hasil pencapaian karakter dari kesemua tokoh laskar pelangi tidak digali semua. Disini hanya membahas Tokoh Ikal,Lintang dan Mahar sebagai nyawa dari Laskar Pelangi. Yang menjadi Tokoh sentral dalam film ini adalah Bu Muslimah (Cut Mini) yang menjadi sosok semangat pendidikan.
Menurut saya film tidak sedetail novelnya, tapi secara visual telah mewakili dan mengakomodasi semua pesan yang disampaikan dalam Novel Laskar Pelangi.
Dengan adanya Film Laskar pelangi ini diharapkan dapat menggugah para sineas dan masyarakat film pada umumnya untuk tidak terjebak pada mainstream Cinta yang serba cengeng , Komedi dan Horor yang secara kualitas ide Nol...Ini membuktikan bahwa masyarakat sudah mulai cerdas menilai film mana yang baik dan film2 mana yang hanya seadanya dari segi tema yang penting bisa BEP atau untung-untungan dapat laku dipasaran.Banyak sekali tema 2 yang tidak tersentuh oleh para sineas kita ,semisal cerita sejarah dari bangsa kita sendiri sangat banyak tapi sampai sekarang tidak ada yang divisualkan. Mungkin para pelaku film sendiri takut tidak laku mengangkat film yang tidak sesuai dari tema2 yang saya sebut diatas tadi.
Kembali ke Film Laskar Pelangi....Selang 2 minggu dari awal kemunculanya film ini banyak mendapatkan apresiasi positif dari kalangan pembaca Novel Laskar pelangi sendiri ataupun orang-orang yang sama sekali belum pernah membaca Novel Lasakar pelangi . Semisal Rabu kemaren keluarga Presiden SBY beserta rombongan para Menteri menyempatkan nonton film ini biarpun SBYsendiri belum mengetahui ataupun pernah membaca Novel Laskar pelangi. Semoga tidak ada unsur politis yang diusung oleh bapak Presiden SBY beserta Rombonganya saat menyaksikan Film ini, dan ini murni bahwa film ini memang layak mendapatkan sebuah apresiasi dari para pelaku pemerintahan negeri ini.
Dengan suksesnya film Laskar pelangi ini semoga dapat diteruskan dengan ketiga buku yang lain dari Tetralogi Laskar Pelangi. Seperti halnya Novel Harry Potter yang sukses di Buku dan Filmnya...

0 komentar: