Minggu, 19 April 2009

Pemilu Legislatif 2009

Pemilu Legislatif 2009 yang diselengggarakan pada 9 April 2009 kemarin telah selesai digelar serentak diseluruh wilayah Indonesia dan warga negara indonesia (WNI) yang ada di luar negeri. Pemilu yang dengan semangat Jujur,adil dan demokratis merupakan harapan seluruh komponen bangsa ini. Akan tetapi masih banyak ketidak sesuaian dalam proses penyelenggaraan pemilu itu sendiri. Mulai dari masalah DPT (daftar pemilih tetap) yang masih terjadi kekacauan dimana- mana dan kendala akan kesiapan Logistik pemilu dan pendistribusiannya. Yang jelas penyelenggaraan pemilu kali ini cukup aman dan tidak terjadi kekacauan dimana-mana,biarpun masih ada keributan saat penyelenggaraan kampanye terbuka menjelang pemilu.
Untuk itu saya menyempatkan diri untuk mudik untuk nyontreng caleg yang ada dikertas suara (proses pemungutan suara). Lumayan ada libur sedikit ditambah libur akhir pekan sehingga bisa saya manfaatkan mudik sekalian nyontreng. Dan setelah saya amati proses pemungutan suara kali ini terutama yang ada di TPS tempat saya memilih, dari jumlah DPT yang ada di TPS ini ada sekitar 413 suara yng berhak mendpatkan hak plilihnya dalam Pemilu legislatif kali ini. Akan tetapi kenyataannya peserta yang menggunakan hak pilihnya hanya mencapai 57%, ini mengindikasikan angka golput yang lumayan tinggi. Masyarakat enggan mendatangi tempat pemungutan suara karena mereka banyak menganggap proses pemilu itu sendiri belum tentu bisa merubah kehidupan mereka. Dan masalah yang kedua banyaknya peserta yang kebingungan dalam melakukan proses pencontrengan sendiri,karena kertas suara yang besar dan banyak peserta partai pemilu dan diikuti para calegnya. Dengan demikian banyak juga kertas suara yang tidak sah. Nah inilah potret pemilu legislatif yang ada di TPS saya berada dan mungkin tidak sedikit TPS yang lain mengalami hal yang sama.
Dan kedepan mungkin pihak penyelnggara pemilu dalam kali ini pemerintah melalui KPU harus lebih bekerja keras lagi mempersiapkan pesta demokrasi yang terjadi setiap lima tahun sekali ini. Sehingga tidak banyak sekali masalah yang terjadi dalam persiapan ,proses maupun hasil pemilu itu sendiri.

0 komentar: