Rabu, 23 Desember 2009

Para priyayi


Sebuah buku karya Umar kayam
Salah satu penulis besar dinegeri ini yang dilahirkan di Ngawi,menulis tentang kehidupan sosial yang ada dimasyarakat jawa semasa kolonial. Kata priyayi disematkan bagi mereka yang memiliki status strata sosial penting dalam masyarakat serta dipandang agung.

Didalam buku ini juga digambarkan bagaimana seorang yang lahir dari anak seorang petani tulen yang dengan gigih berjuang untuk mendapatkan kehidupan lebih baik,dan yang pasti meningkatkan derajat kelas sebagai seorang priyayi. Dan itu diturunkan kepada keluarga meraka untuk lebih memaknai apa itu priyayi. Apakah Priyayi hanya sekedar status strata sosial,sekedar kasta ataupun lebih kepada pemikiran yang mencerminkan sebagai seorang priyayi.

Disini juga diuji apakah kita yang termasuk turunan priyayi sudah mempunyai pemikiran sebagai seorang priyayi. Kita sendiri yang bisa merasakan sejauh mana pemahaman kita memaknainya.

Dimulai oleh Sastrodarsono yang sebagai guru pada waktu itu membangun sebuah keluarga priyayi yang diusahakannya,karena dia tahu bahwa ia hanya turunan seorang petani. Dia juga membuktikan bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk merubah sebuah kehidupan jika kita mampu berusaha dan mewujudkannya.
Silahkan dibaca....

0 komentar: