Minggu, 01 Februari 2009

Plesiran ke Kota Tua Jakarta #1

Pada akhir bulan January ini memang berencana untuk plesiran, mumpung lagi ga ada OT jadi Sabtu minggu bisa liburan.Rencana ini sempat tertunda lama mengingat tidak ada liburan pas 2008 lalu.Dulu pernah berencana untuk mengunjungi Kota tua di jakarta,niat ini muncul setelah membaca Novel Rahasia Meede oleh E.S Ito yang menguak sejarah jakarta tempo dulu dan peninggalan yang masih ada di museum Sejarah Jakarta. Dan Perjalanan ini kurencanakan menggunakan jasa Kerata Api Listrik saja, disamping ngirit juga anti kemacetan dan yang pasti lumayan nyaman dibanding transportasi lain di Jakarta. Disamping itu jarak antara station kota Jakarta dengan tujuanku yaitu Kota tua tidak terlalu jauh , cukup ditempuh dengan jalan kaki saja bisa sampai ketujuan.
Perjalanan dimulai dari Station Kota Bekasi , menuju loket untuk beli tiket KRL (kereta api listrik) yang jurusan jakarta dengan AC Ekonomi ternyata murah hanya Rp4500,00 saja. Setiap satu jam Kereta ini berangkat hilir- mudik dari Station Bekasi ke Jakarta Kota.
Kereta tiba di station Bekasi pada pukul 13.25 dan langsung diserbu penumpang yang sudah mendapatkan tiket. Sengaja berangkat agak siang karena mulai pagi Bekasi dan sekitarnya diguyur hujan terus menerus dan perjalanku ini juga diliputi cuaca yang masih mendung juga, tapi lumayan bisa mengurangi polusi udara yang kerap mendera ibukota. Aku naik kereta listrik AC ekonomi yang didalamnya berbeda dengan kereta mesin diesel yang biasa karena kursinya berderet kesamping dan yang tengah bagi yang berdiri. Ada pegangan yang telah didesain untuk penumpang yang berdiri. Didalamnya terdapat tulisan kanji yang menandakan bahwa kereta ini buatan jepang, mungkin PT KAI membelinya dari jJepang yang dinegaranya mungkin sudah tida dioperasikan lagi. Tapi didalamnya cukup nyaman dan tidak panas sama sekali karena semburan AC dan didukung juga kipas angin yang membantu memberi kenyamanan bagi penumpang.

Dan setelah menempuh perjalanan sekitar satu jam atau pada pukul 14.30 maka sampailah aku diujung pemberhentian kereta api listrik ini. Dan tidak lain adalah Station Jakarta Kota, station ini cukup tua kalo melihat struktur bangunan khas buatan pemerintah Belanda yang masih kokoh sampai sekarang. Keluar dari station aku berjalan ke arah utara untuk menuju Kompleks taman Fathillah yang berjarak sekitar 500 meter saja dari station. Maka tidak sampai 10 menit sampailah ke Kompleks taman Fatahillah atau kompleks Kota Tua Jakarta yang terdapat berbagai macam meseum sejarah diantaranya Museum sejarah Jakarta, museum Keramik, dan museum Wayang.

0 komentar: