Minggu, 25 Januari 2009

Perubahan , sebuah kata yang aneh....

Perubahan...
Kata ini memang sangat sering dipakai dalam ketika kita ingin berubah menuju ke hal-hal yang lebih baik. Bagimana seolah jika kita tidak ada kata ini pasti hidup kita akan statis dan tetap seperti hari-hari sebelumnya. Kata ini seolah memberikan ruh dan inspirasi bagi siapa saja yang menginginkan keadaan lebih baik dari sebelumnya. Kata ini juga modal dan spirit yang memenangkan Obama dalam pilpress AS 2008. Sekarang giliran poilitisi kita berlomba-lomba menawarkan perubahan bagi bangsa indonesia. Harapan kita semua perubahan yang ditawarkan para pemimpin kita tidak sekedar wacana dan lebih kepada peran serta yang nyata bagi bangsa Indonesia sehingga tidak menguap begitu saja.
Kata perubahan memang tidak dipakai untuk para politisi saja, didunia kerja pun kita sering banget menjumpai kata ini. Seolah menjadi moto atau slogan bagi sebuah perubahan untuk memotivasi karyawan. "Continuesly improvement" atau dibahasa indonesia yang berarti Perubahan yang terus menerus ke arah lebih baik. dan muara dari improvement sendiri adalah sebuah kata yang bernama Quality. Quality atau kualitas apa yang dicapai atau dinginkan sebuah perusahaan? Elemen quality atau elemen dari kualitas adalah : Save Cost(hemat biaya), Delivery on time(pengiriman tepat waktu) , Zero Defect (nol kerusakan)dan good quality(kualitas baik), yang kesemua bermuara pada penghargaan yang bernama Customer satisfaction atau kepuasan pelanggan. Dari sinilah sebuah perusahaan dapat dinilai tentang quality atau kualitas demi eksistensi dan kelangsungan hidup sebuah perusahaan.
Terus apa hubungannya dengan kita, seolah kita bisa mengadopsi elemen quality dari sebuah perusahaan ke kehidupan yang nyata. Kita mulai dari hal yang kecil dahulu karena setiap perubahan tidak bisa diterapkan secara lansung begitu saja secara frontal , semua ada tahapannya sendiri. dalam kehidupan sebenarnya kita bisa terapkan semua elemen itu. misalnya:

  1. Save cost : kita harus hemat biaya dalam segala hal, misalnya kita harus wujudkan dalam pemikiran hemat,hemat terhadap alam dan energi yang kita gunakan untuk kelangsungan hidup dan keseimbangan alam semesta, intinya kita tidak boleh egois terhadap alam.
  2. Delivery on Time : kita harus belajar untuk tepat waktu dalam segala hal, supaya apa yang kita lakukan waktunya tidak terbuang secara percuma dan sia-sia.
  3. Zero defect : inilah yang paling sulit, kita harus sebisa mungkin meminimalisir setiap kesalahan kita . Karena kadang kita yakin setiap apa yang kita lakukan selalu benar dan yang paling benar. Oleh karena itu tidak salahnya kita menimbang dan memikirkan setiap perbuatan yang akan kita lakukan.
  4. Good quality : dengan tercapai semua elemen2 tersebut maka dengan sendirinya qualitas hidup yang lebih baik secara bertahap akan dicapai pula.
Tapi yang paling ramai sekarang kata perubahan sering dipakai banyak kontestan partai politik menawarkan apa yang disebut perubahan. Janji yang mereka buat seolah dapat menghipnotis kita tentang perubahan itu, tapi memang kita harus berjuang untuk berubah menuju yang lebih baik. Kita sebagai pemilih yang cerdas memang dituntut untuk bisa memilih partai mana yang paling tidak paling realistis menawarkan sebuah perubahan yang kita inginkan bersama. Bukan hanya sekedar omong kosong dan obral janji dimana mana ,dan jika telah terpilih lupa apa yang telah dijanjikannya...

0 komentar: